PROGRAM DANA ABADI HKBP

 Ephorus HKBP Emeritus DR IL Nommensen
EPHORUS HKBP (EMERITUS) DR I.L. NOMMENSEN
(1881 – 1918)

MAJELIS PUSAT HKBP PERIODE 1998-2004

Baris Depan dari Ki-Ka : Pdt JM Manullang MTh, St TTH Sidabutar SH, Pdt DR Bonar Napitupulu, Pdt DR Jubil Raplan Hutauruk, Ny JR Hutauruk, Ny WTP Simarmata, Pdt Willem TP Simarmata MA, St Ir Hiskia Simanjuntak, St Harangan Wilmar Hutahaean, St Drs Constant Edison Sitorus.

Baris kedua Ki-Ka : Pdt DR Einar M Sitompul, Pdt TP Simorangkir, STh,MLS, Pdt DR Lukman Panjaitan, Biv Manatap Sitorus, Diak Serepina Sitanggang, Pdt Panahatan H Nainggolan MTh, St Djalantar Sihombing SH, St Dr Tumpal Napitupulu MPh.

Baris Belakang Ki-Ka : Pdt Simanjuntak, St Drs BP Nababan, St Drs TP Simanjuntak, Pdt E.S. Simanungkalit STh, St PM Banjarnahor, MSc,MBA, Pdt Ramlan Hutahaean MTh, Pdt David Sibuea MTh

 

 

 SENTRALISASI PENGGAJIAN PELAYAN HKBP

 (SPP-HKBP)
 
 DANA ABADI HKBP
NO. REKENING : 006-125- 4320
BANK BNI TARUTUNG

   DASAR PELAKSANAAN

1. Keputusan Rapat Majelis Pusat HKBP menerima Proposal Dana Abadi untuk dikaji lebih mendalam tahun 1999.

2. Keputusan Rapat Gabungan Majelis Pusat HKBP dan Praeses HKBP menyetujui Program Dana Abadi HKBP tahun 1999.

3. Surat Keputusan Ephorus HKBP Nomor.286/L08/III/2000 tanggal 1 Maret 2000.

4. Perjanjian Kerjasama antara Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Nomor.W.01/7.5/001 tanggal 1 Maret 2000.

5. Keputusan Sinone Godang ke-56 Tahun 2000 untuk menjalankan Program Dana Abadi.

TUJUAN

Meningkatkan dan memberi jaminan kebutuhan hidup bagi segenap Pelayan Penuh HKBP beserta keluarganya yang melayani di Bumi Persada Nusantara.

SASARAN

Meningkatkan Mutu (KUALITAS) Pelayanan HKBP ditengah Jemaat maupun masyarakat umum melalui pemberdayaan potensi SDM (Pelayan HKBP) menyongsong era-globalisasi.

TARGET – Rp 310 M

Menggalang dan mengadakan DANA ABADI (DEPOSITO TETAP) HKBP sebesar Rp 310 Miliar.

SUMBER DANA
Anggota HKBP & Donateur

Melalui potensi 600 – 750 ribu KEPALA KELUARGA anggota HKBP setara dengan 3 – 3,5 juta orang anggota jemaat. Bila diasumsikan 15% dari jumlah KEPALA KELUARGA secara rata-rata mampu mengalirkan dana bantuan ke REKENING DANA ABADI HKBP sebesar Rp 100.000,- setiap bulan selama kurun waktu 30 bulan, maka DANA yang akan masuk ke Rekening Dana Abadi akan mencapai Rp 9 miliar sampai Rp 11 miliar setiap bulannya, sehingga diperkirakan TARGET Rp 310 Miliar akan dicapai dalam waktu 30 bulan.

SOSIALISASI PENGADAAN DANA
&
HISTORY – KEGIATAN DANA ABADI

• 1999, JANUARI, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP tentang Pengadaan Dana Deposito Abadi HKBP menuju Program Sentralisasi Penggajian Pelayan HKBP (SPP-HKBP), disampaikan kepada Ephorus dan Sekretaris Jenderal HKBP.

• 1999, APRIL, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dan didiskusikan dalam rapat DKU HKBP di Pematangsiantar. Dari hasil diskusi ini, DKU akan meminta waktu untuk menjelaskan proposal tersebut dalam rapat Majelis Pusat dan rapat Gabungan antara Majelis Pusat dan Praeses.

• 1999, APRIL, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dan diperdebatkan dalam rapat Gabungan Majelis Pusat dan Praeses di Pematangsiantar. Hasil pertemuan, Proposal Dana Abadi SPP-HKBP diterima menjadi milik HKBP untuk dikaji lebih cermat khususnya menyangkut aspek-aspek yang berkaitan dengan kemungkinan pelaksanaannya.

• 1999, APRIL, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dalam RAPAT PENDETA di Pematangsiantar. Hasil pertemuan, Proposal Dana Abadi SPP-HKBP dapat diterima diterima namun perlu dikaji lebih mendalam khususnya aspek-aspek yang berkaitan dengan kemungkinan pelaksanaannya.

• 1999, NOVEMBER, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dalam rapat Parhalado Distrik Jabartengdy di Lembang, Bandung. Hasil dari pertemuan ini, cukup positif dan mendukung, bahkan mengharapkan agar proposal tersebut dipresentasikan lebih luas lagi kepada anggota jemaat (per utusan) se Distrik Jabartengdy.

• 2000, 22 JANUARI, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan di HKBP Ressort Istimewa Cilacap (sebagai tindak lanjut pertemuan rapat Parhalado Distrik Jabartengdy Lembang Bandung). Pertemuan ini mengharapkan agar proposal tersebut bukan lagi merupakan proposal namun sudah dapat dijadikan menjadi salah satu program kerja HKBP yang resmi pada tahun 2000.

• 2000, 26 FEBRUARI, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dalam rapat Gabungan Majelis Pusat dan Praeses di Pearaja, Tarutung. Hasil pertemuan, dalam rapat gabungan disetujui agar Program SPP-HKBP ditetapkan menjadi salah satu Program Kerja HKBP didalam tahun 2000.

• 2000, 1 MARET, Rapat Majelis Pusat di Pearaja Tarutung, menyetujui Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP, sekaligus diikuti dengan diterbitkannya Surat Keputusan EPHORUS HKBP No.286/L08/III/2000, untuk menetapkan Tim Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dengan jumlah anggota sembilan (9) orang. Tim ini bertugas untuk mempersiapkan materi program dalam persiapan pelaksanaan sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP di seluruh Jemaat HKBP dimulai dari tingkat Distrik, Ressort dan Jemaat.

• 2000, 1 MARET, Dihadapan Majelis Pusat, Kepala Biro dan Staf Kantor Pusat HKBP bertempat di Kantor Pusat Pearaja Tarutung, secara resmi dilaksanakan penanda tanganan Perjanjian Kerjasama antara HKBP diwakili oleh EPHORUS HKBP dan PT Bank Negara Indonesia (Pesero) dalam rangka Pelaksanaan Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP.

• 2000, 20 MARET, Sosialisasi PERDANA tentang program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh Ketua TIM Dana Abadi dilangsungkan dalam pertemuan/konven Pendeta beserta Istri se Distrik Jawa Kalimantan bertempat di HKBP Ressort Sudirman Jakarta.

• 2000, 08 APRIL, Sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh Ketua TIM Dana Abadi dilangsungkan dalam pertemuan khusus yang diwakili anggota Jemaat, Sintua dan Pendeta se Distrik Indonesia Bagian Timur bertempat di Gereja HKBP Ressort Surabaya di Surabaya.

• 2000, APRIL, Sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh EPHORUS HKBP dilangsungkan dalam Konven Pendeta beserta keluarga Distrik Jawa Kalimantan di HKBP Ressort Petojo, Jakarta.

• 2000, 22 MEI, Sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh Tim Kantor Pusat HKBP di Distrik Kepulauan Riau.

• 2000, 25 MEI, Sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh Tim Kantor Pusat HKBP di Distrik Sibolga.

• 2000, 04 JUNI, Sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh Ketua TIM Dana Abadi dilangsungkan dalam kebaktian minggu di HKBP Ressort Jawa Tengah di Semarang.

• 2000, 18 JUNI, Sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP oleh Ketua TIM Dana Abadi dilangsungkan dalam kebaktian minggu dan setelah kebaktian minggu dilanjutkan dengan pertemuan khusus bersama anggota Jemaat HKBP Ressort Yogyakarta di Yogyakarta.

• 2000, 26 JULI, secara khusus Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP disosialisasikan dan dipresentasikan oleh Ketua TIM Dana Abadi SPP-HKBP dalam Konferensi Nasional I HKBP bertempat di Jakarta Convention Center dihadiri lebih kurang 1.300 orang anggota jemaat HKBP. Konferensi Nasional HKBP secara resmi dibuka oleh Presiden RI Abdul Rahman Wahid dan dihadiri beberapa Menteri Kabinet Persatuan Nasional dan Ketua DPR RI Akbar Tanjung. Laporan resmi Pelaksanaan Konferensi dari Panitia Konferensi Nasional HKBP kepada Ephorus HKBP telah dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2000 di Jakarta. Hasil Penerimaan Persembahan Syukur Dana Abadi HKBP selama Konferensi berlangsung sejumlah {Rp 401.530.000,- + US$ 10.000 + Sin$ 50}, telah diserahterimakan pada hari yang sama kepada Tim Dana Abadi SPP-HKBP melalui Ephorus HKBP

• 2000, APRIL–AGUSTUS, Sosialisasi Dana Abadi SPP-HKBP oleh Pimpinan Pusat HKBP, Tim HKBP Pusat dan khususnya Praeses bersama-sama dengan Pendeta Ressort, Guru Huria, Sintua, Bibelvrouw, Diakones dan anggota Jemaat di delapan belas (18) Distrik HKBP :

Tapsel, Sumbar, Riau, Silindung, Humbang, Toba, Sumatra Timur, Dairi, Samosir, Jawa Kalimantan, Sibolga, Medan Aceh, Toba Hasundutan, Tanah Alas, Asahan Labuhan Batu, Tebing Tinggi Deli, Sumatra Bagian Selatan, Humbang Habinsaran, Indonesia Bagaian Timur, Jabartengdiy

• 2000, 7 NOVEMBER, Oleh Ketua Tim Dana Abadi SPP-HKBP mengadakan Sosialisasi lanjutan diikuti dengan tanya jawab sekitar Program Dana Abadi SPP-HKBP dalam Rapat Kerja Distrik VIII Jawa Kalimantan di Cisarua, Bogor.

• 2001, Oleh Tim Dana Abadi SPP-HKBP bersama-sama dengan Ketua Tim Dana Abadi dan Ephorus HKBP mengadakan Sosialisasi di Wilayah Sumbagsel di Palembang.

• 2001, Oleh Tim Dana Abadi SPP-HKBP bersama-sama dengan Ketua Tim Dana Abadi dan Ephorus HKBP mengadakan Sosialisasi di Wilayah Sumatra Utara di Medan Ball Room Danau Toba International Hotel.

• Masing-masing Huria melakukan Sosialisasi Program Pengadaan Dana Abadi HKBP kepada seluruh anggota HKBP melalui Warta Jemaat – Rapat Huria – Konpen Pendeta – Sinode Distrik – Sinode Godang – SMS – Internet.

• Setiap Anggota Jemaat yang sudah menerima sosialisasi tentang Dana Abadi HKBP, diharapkan juga turut melakukan Sosialisasi kepada anggota yang belum menerima sosialisasi sehingga masing-masing dapat merespon dan memberi kontribusi demi pencapaian target Dana Abadi HKBP.

PENGAMANAN DANA ABADI

1. Seluruh Sertifikat Dana Deposito Abadi (Dana Tetap) HKBP ditempatkan di Bank BNI Cabang Tarutung dengan No. Rekening : 006-125-4320 atas nama HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP).

2. Seluruh Dana Deposito Abadi HKBP merupakan ASET TETAP HKBP dengan Badan Hukum No.48 Staatsblad Tahun 1932 No.360 dan Diperbaharui oleh Departemen Agama Republik Indonesia Tanggal 2 April 1968 No.Dd/P/DAK/d5/13/68.

3. Perjanjian Kerjasama antara Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Nomor.W.01/7.5/001 tanggal 1 Maret 2000, pada Pasal 6 dan Pasal 7 dinyatakan bahwa seluruh DANA DEPOSITO ABADI HKBP adalah merupakan Dana Tetap HKBP tidak akan pernah dapat dicairkan oleh HKBP kapan dan dimanapun. HKBP hanya dapat mencairkan ”BUNGA BULANAN DEPOSITO ABADI HKBP” untuk pelaksanaan Sentralisasi Penggajian Pelayan Penuh HKBP.

4. Seluruh sumbangan yang ditujukan untuk Dana Abadi HKBP harus dan langsung disetor atau dikirim ke Bank BNI Cabang Tarutung No. Rekening : 006-125-4320.

5. Tanggal 1 April 2000 adalah merupakan Kick Off Day Dana Abadi HKBP, maka setiap tanggal 1 (satu) Bank BNI akan menerbitkan SERTIFIKAT DEPOSITO DANA ABADI HKBP sebesar baki akhir bulan sebelumnya yaitu setiap kelipatan satu juta rupiah.

6. Bunga Bulanan Deposito Abadi/Tetap dapat dicairkan untuk pelaksanaan Program Sentralisasi dimulai secara bertahap khususnya daerah (Jemaat) yang kurang mampu.

  

2 Komentar

  1. Antony Matanari said,

    09/06/2009 pada 6:05 pm

    Horas!!!

    Boi do ra patupaon MoU kerjasama dohot telkomsel laho sada dalan menghimpun dana abadi HKBP.

    Dung adong i, diprogram ma masuk tu jamita (sosialisasi melalui heba-heba ni jamita ni parjamita = pandita ) asa sude pribadi keluarga perkeluarga (ruas ni HKBP) mangkehei semangat ni keluarga ( anak, boru, hela, parumaen, pahompu, bere, ibebere, tulang dst…. mar si SMS an manang martelephon pasahathon ucapan selamat hari minggu, selamat ulang tahun dllsb laho marningot huhut pajonokhon diri huhut mandok mauliate tu Debata.
    Jadi ndang pola ingkon songon hitungan na di propsal i 15 % sian jumlah ni ruas HKBP pasahathon Rp. 100.000,- selama 30 bulan untuk mencapai 310 M untuk dana abadi HKBP. nunga ummalo hamu par kantor pusat HKBP mangetong i manang sadia boi dapot dana sian kerjasama bentuk MOU sisongon i.
    Mauliate, Horassma . Tuhan memberkati.!!!

    • pmb1951 said,

      16/06/2009 pada 7:46 pm

      TKS, saran yang baik sekali. Saya sudah mencoba approach dgn telkomsel sejak April 2008 tapi permasalahannya adalah jika kita memiliki income 100 maka yang akan diserahkan kepada Dana Abadi hanya 30. Molo adong hubungan khusus dgn orang telkom boi do kita tindak lanjuti. Horas PMB


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: