HISTORY SINGKAT DANA ABADI HKBP

                                     

z-pmb-photo6DANA ABADI HKBP

PENGADAAN  DANA ABADI

[Deposito Tetap]

 St. PM BANJARNAHOR

SENTRALISASI PENGGAJIAN PELAYAN HKBP

 

DANA ABADI HKBP

No. Rekening : 006-125- 4320

BANK  BNI  –  CABANG TARUTUNG

 

HISTORY – KEGIATAN DANA ABADI 

 

  1. 1999,JANUARI, Oleh St PM BANJARNAHOR selaku anggota Majelis Pusat HKBP menyampaikan sebuah Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP  tentang Pengadaan Dana Deposito Abadi HKBP menuju Program Sentralisasi Penggajian Pelayan HKBP (SPP-HKBP), disampaikan kepada Ephorus dan Sekretaris Jenderal HKBP.
  2. 1999, APRIL, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dan didiskusikan dalam rapat DKU HKBP di Pematangsiantar. Dari hasil diskusi ini, DKU akan meminta waktu untuk menjelaskan proposal tersebut dalam rapat Majelis Pusat dan rapat Gabungan antara Majelis Pusat dan Praeses.
  3.  1999, APRIL, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan, didiskusikan dan diperdebatkan dalam rapat Gabungan Majelis Pusat dan Praeses di Pematangsiantar. Hasil pertemuan, Proposal Dana Abadi SPP-HKBP diterima menjadi milik HKBP untuk dikaji lebih mendalam dan cermat khususnya menyangkut aspek-aspek yang berkaitan dengan kemungkinan pelaksanaannya.
  4. 1999, APRIL, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dalam RAPAT PENDETA di Pematangsiantar. Hasil pertemuan, Proposal Dana Abadi SPP-HKBP dapat diterima, namun perlu  dikaji lebih mendalam khususnya aspek-aspek yang berkaitan dengan kemungkinan pelaksanaannya termasuk pengamanannya.
  5. 1999, NOVEMBER, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dalam rapat Parhalado Distrik Jabartengdy di Lembang, Bandung. Hasil dari pertemuan ini, cukup positif dan mendukung, bahkan mengharapkan agar proposal tersebut dipresentasikan lebih luas lagi kepada anggota jemaat (per utusan) se Distrik Jabartengdy.
  6. 2000, 22 JANUARI, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan di HKBP Ressort Istimewa Cilacap dan ini adalah sebagai tindak lanjut pertemuan rapat Parhalado Distrik Jabartengdy Lembang Bandung. Pertemuan ini mengharapkan agar proposal tersebut bukan lagi merupakan proposal namun sudah dapat dijadikan menjadi salah satu program kerja resmi di HKBP pada tahun 2000.
  7. 2000, 26 FEBRUARI, Proposal Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dipresentasikan dalam rapat Gabungan Majelis Pusat dan Praeses di Pearaja, Tarutung. Hasil pertemuan, dalam rapat gabungan disetujui agar Program SPP-HKBP ditetapkan menjadi salah satu Program Kerja HKBP didalam tahun 2000.
  8. 2000, 1 MARET, Rapat Majelis Pusat di Pearaja Tarutung, menyetujui Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP, sekaligus diikuti dengan diterbitkannya Surat Keputusan EPHORUS HKBP No.286/L08/III/2000, untuk menetapkan Tim Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dengan jumlah anggota sembilan (9) orang. Tim ini bertugas untuk  mempersiapkan materi program dalam persiapan pelaksanaan sosialisasi Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP di seluruh Jemaat HKBP dimulai dari tingkat Distrik, Ressort dan Jemaat.
  9. 2000, 1 MARET, Dihadapan Majelis Pusat, Kepala Biro dan Staf Kantor Pusat HKBP bertempat di Kantor Pusat Pearaja Tarutung, secara resmi dilaksanakan penanda tanganan Perjanjian Kerjasama antara HKBP diwakili oleh EPHORUS HKBP dan PT Bank Negara Indonesia (Pesero) dalam rangka Pelaksanaan Program Pengadaan Dana Deposito Abadi SPP-HKBP dan ikut menandatangani sebagai Saksi Ketua Dana Abadi HKBP.

 

 

6 Komentar

  1. PM Banjarnahor said,

    19/02/2009 pada 11:34 pm

    Selamat atas live Dana Abadi HKBP. Semoga anggota Jemaat HKBP dapat
    memberi masukan dan kontribusi guna pengembangan pelayanan HKBP
    Syalom

    • pmb1951 said,

      21/02/2009 pada 4:53 pm

      TKS perhatiannya.
      Salam PMB

      • Bina said,

        06/08/2009 pada 6:29 pm

        gunanya untuk apa ini?apa hanya untuk mensejahterakan para pendeta-pendeta saja? apa ini ada kaitannya dengan para pendeta yang pensiun? lalu bagaimana pengelolaannya selama ini,apakah transparan kepada jemaat.HKBP itu jangan terlalu banyak program yang hanya bicara anggaran yang harus dipenuhi jemaat tetapi kenyataan pelayanan masih jauh dari apa yang diharapkan.

      • pmb1951 said,

        06/08/2009 pada 6:51 pm

        Dana Abadi HKBP bertujuan untuk meningkatkan kesejahtraan Pelayan Penuh HKBP (Pendeta, Guru Huria, Bibelvrow, Diakones). Hubungannya dengan Pendeta yang pensiun jelas ada dan Dana ini dikelola secara transfaran yang bisa diakses oleh semua pihak melalui Web DANA ABADI HKBP. Hingga sekarang jumlah Dana Abadi yang sudah terhimpun termasuk bunga +/- 3,2 Milyar (tersimpan sebagai Deposito Abadi HKBP) di BNI Tarutung. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca detail Progress di Web DANA ABADI HKBP. Sangat mengharapkan bantuannya. Syaloom

  2. Hotler Siregar said,

    02/08/2013 pada 9:46 pm

    Dana Abadi HKBP yg tujuan akhirnya untuk dapat mengakomodasi seluruh operasional HKBP adalah sangat baik, antara lain dapat diharapkan untuk mengakomodasi sistem penggajian para pelayan HKBP yg lagi aktif dan dapat menjamin apabila telah menjalani pensiun. Hanya saja yang tidak kalah pentingnya harus diikuti dengan sistem pengamanannya atau fungsi kontrol harus kuat. Saya mengusulkan alangkah baiknya bila fungsi kontrol diangkat dari luar fungsi eksekutif HKBP (dalam haal ini diluar struktural HKBP) barangkali diangkat dari anggota jemaat ( kalau dipemerintahan barangkali seperti BPK atau seperti DPR yang mempunyai fungsi pengawasan kepada eksekutif/Presiden).Penggunaan dana juga harus transparan bila penting HKBP harus siap atau legowo mau dan bersedia diperiksa oleh Akuntan PUblik. Hal ini dimaksudkan untuk menyakinkan seluruh jemaat bahwa HKBP benar-benar terbuka dan dapat dipercaya sehingga semakin banyak anggota jemaat menyisihkan dananya untuk Dana Abadi HKBP. Kita sama-sama mengetahui seperti industri perbankan, modal utamanya adalah kepercayaan sehingga masyarakat mau menabung/menitipkan dananya di Bank yang dipercainya. Dana yang sudah terkumpul tidak ada salahnya dioptimalkan seperti penempatan di Dana Reksa atau sejenisnya, tetapi harus sangat prudent penempatannya. Dengan adanya optimalisasi Dana Abadi, saya yakin dana HKBP semakin banyak/maksimal dan akan banyak lagi rencana-rencana besar yang dapat diraih oleh HKBP. Atau Dana Abadi Hkpb ini kalau boleh dikelola oleh orang-orang yang profesional di bidang Dana ini.Demikian sekelumit masukan, saya yakin banyak jemaat HKBP yang pintar atau jenius tentang pengelolaan Dana, mungkin dapat diberdayakan.

    • 05/08/2013 pada 4:40 pm

      Terimakasih atas masukan yang baik demi HKBP. Saya setuju Ide Amang Hotler Siregar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: